-->

JENIS PASAR FAKTOR PRODUKSI, CIRI-CIRI DAN PENJELASANYA


E. PASAR  FAKTOR  PRODUKSI


Untuk memproduksi suatu barang diperlukan faktor-faktor produksi. Ada 4 macam faktor produksi, yaitu: tenaga kerja, tanah, modal, dan pengusaha. Makin besar permintaan barang dan jasa (output), maka makin besar pula permintaan terhadap faktor produksi.


Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap faktor faktor produksi:
·   Harga faktor produksi
Yang dimaksud dengan harga faktor produksi adalah upah dan gaji untuk tenaga kerja atau sewa untuk tanah dan bunga untuk modal.

·   Permintaan terhadap output
Bila permintaan terhadap barang dan jasa meningkat, maka permintaan terhadap faktor produksi juga akan bertambah

·   Permintaan terhadap faktor produksi lain
Hal ini tergantung pada sifat hubungan antarfaktor produksi. Bila korelasinya bersifat subtitusi maka penambahan penggunaan faktor produksi yang satu akan mengurangi faktor produksi yang lain (misalnya, bertambahnya mesin akan mengurangi tenaga kerja). Namun jika bersifat komplementer, bertambahnya penggunaan satu faktor produksi akan menambah faktor produksi yang lain.

·   Kemajuan teknologi
  1.  Faktor Produksi Tenaga Kerja
Balas jasa dari tenaga kerja adalah upah dan gaji. Istilah upah biasanya digunakan untuk tenaga kerja kasar, sekalipun tenaga kerja tersebut terlatih/terampil. Mereka dikelompokkan kedalam blue collar worker (pekerja kerah biru) karena biasanya mereka berpakaian seragam warna biru. Istilah gaji digunakan bagi kelompok pegawai, sebagai kelompok white collar worker (pekerja kerah putih). 

       2.  Faktor Produksi Tanah
Tanah dapat digunakan sebagai lokasi kantor perusahaan, pabrik, dan lain lain. Kepada pemiliknya diberi balas jasa berupa sewa tanah. Tanah merupakan faktor produksi yang tidak dapat ditambah, oleh karena itu kurva penawarannya vertikal (inelastis sempurna), karena penawarannya dianggap tetap. Sedangkan permintaan tanah terus meningkat dari waktu ke waktu. Makin tinggi permintaan tanah  semakin tinggi pula harga/sewa tanahnya. Berikut kurva penawaran dan permintaan faktor produksi tanah.





3. Faktor  Produksi Modal

 Modal dapat merupakan sejumlah uang, barang cadangan, dan lainnya. Barang cadangan dapat dijual atau diproses lebih lanjut ke dalam proses produksi menjadi barang jadi. Uang dapat dipinjamkan dalam waktu tertentu dan pemiliknya akan menerima balas jasa berupa bunga.

4 Produksi Pengusaha/skill/kewirausahaan
Orang yang bertanggung jawab atas suatu usaha, yang mengambil inisiatif  maupun keputusan, dan menanggung resiko adalah pengusaha, dan balas jasa atas apa yang telah dilakukan oleh pengusaha tersebut ialah laba/keuntungan.

BACA JUGA ARTIKEL: 

 

0 Response to "JENIS PASAR FAKTOR PRODUKSI, CIRI-CIRI DAN PENJELASANYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel