-->

Curhatan pegawai Bank mengenai Bank Konvensional dan Bank Syariah

 


Untuk pengertian dasar Bank ada kemiripan antara bank Syariah dan bank konvensional. pengertian bank secara etimologi yaitu lembaga keuangan yang  menghimpun dana dari masarakan dan menyalurkan kepada masyarakat dan diatur dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengaturan ini mencakup aturan dan persyaratan pendirian, aturan operasional serta aturan lainnya, kok ada lainnya karena masih banyaj aturan yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah bank seperti kecukupan modal, penempatan giro di BI dan banyak lagi.

Nah perbedaan yang mendasar dari segi pengertian secara jelas dalam hal penyaluran dan ke masyarakat, untuk bank syariah mereka akan menyalurkan ke pembiayaan, pinjaman dan talangan, sementara untuk bank konvensional mereka cenderung akan menyalurkan ke pinjaman dana atau uang dengan bunga tertentu. 

untuk bank syariah penyaluran pembiayaan ke pinjaman dan talangan mereka tidak mengambil keuntungan, mereka mengambil keuntungan dari pembiayaan yaitu pembiayaan pembelian rumah, mobil dan barang dagangan atau barang yang sudah dijelaskan dibiayaai di akad. karena menurut konsep syariah pengambilan keuntungan atau bunga dari penyaluran dan atau uang adalah riba tetapi dari pembiayaan atau jual beli barang yang diabiayai adalah halal. nanti kita bahas lebih dalam mengenai hal ini. 

Wallahualam Bissawab

TA


0 Response to "Curhatan pegawai Bank mengenai Bank Konvensional dan Bank Syariah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel