-->

Bingung Mencari Destinasi Liburan yang Baru? Destinasi Wisata Waduk Buatan di Aceh besar dan Lhokseumawe ini Bisa Jadi Pilihan Tepat Liburan Anda

 Destinasi Wisata Waduk Buatan di Aceh

waduk keuliling

Seperti yang kita ketahui waduk buatan adalah sebuah kolam besar yang dibuat untuk menyimpan air. Pembuatan waduk buatan sendiri umumnya dilakukan di tempat yang jauh dari akses warga. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan waduk tersebut baik dari polusi maupun pencemaran. Karena apabila waduk sudah tercemar, fungsinya sebagai irigasi air akan sangat berkurang. Namun selain berfungsi sebagai sarana irigasi air, waduk juga dapat di jadikan sebagai objek wisata. Adapun di Aceh terdapat 2 Waduk buatan yang kemudian di jadikan sebagai objek wisata yaitu waduk keuliling yang ada di Aceh Besar dan Waduk Jeulikat yang ada di Lhokseumawe.

Waduk Keuliling
Waduk keuliling adalah sebuah waduk yang terletak di daerah Kuta Cot Gile, desa Lam Leuot, kabupaten Aceh Besar. Adapun waduk tersebut berjarak 35 KM dari pusat kota Banda Aceh sehingga di Butuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara jika ingin pergi kesana. Dinamakan Waduk Keuliling karena sumber airnya berasal dari irigasi keuliling, merupakan salah satu sub-basin DPS Krueng Aceh yang sumber airnya cukup untuk memenuhi kebutuhan air untuk wilayah Aceh Besar dan Banda Aceh. Selain dinamakan Waduk Keuliling, waduk ini dikenal juga dengan nama Waduk Indrapuri karena sebelumnya daerah tersebut masih termasuk kedalam wilayah kecamatan Indrapuri. Pada awalnya Waduk ini di bangun pada tahun 2000 dan baru selesai pada tahun 2008. Kemudian diresmikan pada 23 Februari 2009.


Adapun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Waduk keuliling antara lain :
Pertama Mushola
Mushola Waduk Keuliling
Kedua Gazebo-Gazebo
gazebo-gazebo dipinggiran waduk kuliling
Ketiga Toilet dan Warung
 

Waduk Jeulikat
Dinamakan Waduk Jeulikat karena waduk tersebut berada di desa Jeulikat, kecamatan Blang Mangat. Lhokseumawe. Sebelum dijadikan tempat wisata, waduk tersebut berfungsi sebagai sarana irigasi bagi sawah-sawah yang berada disekitar waduk. Adapun keadaan waduk Sebelum dibeli oleh pemerintah kota Lhokseumawe, dipenuhi oleh rerumputan dan kebersihannya kurang terjaga. Akan tetapi setelah waduk tersebut berada dibawah kendali pemerintah kota Lhokseumawe, waduk tersebut dijadikan sebagai tempat wisata sehingga masyarakat lhokseumawe dapat menghilangkan kepenatan dengan pergi ke tempat tersebut.
waduk jeulikat
Adapun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Waduk keuliling antara lain :
Mushola
mushola 
Gazebo-Gazebo

Toilet dan Warung


·         Flying Fox


0 Response to " Bingung Mencari Destinasi Liburan yang Baru? Destinasi Wisata Waduk Buatan di Aceh besar dan Lhokseumawe ini Bisa Jadi Pilihan Tepat Liburan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel