-->

INFO MENARIK SEPUTAR DUNIA KUCING


Kucing telah hidup berdampingan dengan manusia sejak zaman dulu. Mereka merupakan salah satu hewan yang paling bersahabat, periang dan lucu. Mereka terkenal sebagai hewan yang setia dan terkadang bersikap manja juga menyukai banyak bentuk permainan. Selain itu diketahui bahwa kucing adalah hewan yang sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Walaupun kucing adalah binatang yang cukup bersahabat, terkadang mereka juga menunjukan sikap permusuhan. hal ini mengisyaratkan bahwa insting predator mereka masih terjaga.
kucing yang lucu
anak dan ibu kucing

Adapun Fakta Menarik Seputar dunia kucing antara lain :
hal ini disebabkan walaupun kucing terjatuh dari lantai yang tinggi mereka masih terlihat baik-baik saja.  Bayangkan apabila manusia jatuh dari lantai yang tinggi yang otomatis manusia sudah pasti tidak bisa diselamatkan lagi hal ini tidak berlaku bagi kucing karena ketika jatuh kucing meregangkan kaki-kaki mereka kesamping untuk menghasilkan efek parasut. Dengan melakukan hal ini mereka mampu  mengendalikan kecepatan agar tercipta sebuah pendaratan yang mulus dan menapakan kaki mereka dengan gerakan refleks yang luar biasa. Adapun beberapa penelitian menunjukan bahwa resiko adanya luka memar pada kucing yang terjatuh dari ketinggian 100 meter lebih rendah dari pada dari ketinggian 7 meter.
kucing yang melompat
ilustrasi kucing sedang melompat

Kucing memiliki beberapa indra yang jauh lebih peka dari manusia khususnya indera penglihatan dan pendengaran. Dimana setiap bunyi yang mereka dengar terasa begitu kuat. contohnya kucing mendengar suara jam berdetak  empat kali lebih kuat di banding manusia. Kucing juga dianugrahi keahlian untuk mendengar suara-suara yang berfrekuensi tinggi yang mana manusia bahkan anjing sendiri pun tidak mampu mendengarnya. Selain mampu mendengarkan suara berfrekuensi tinggi kucing juga mampu untuk menangkap getaran-getaran yang paling lemah sekalipun.. Dengan keahlian ini kucing dianggap memiliki kemampuan lebih untuk dapat merasakan gempa bumi beberapa hari sebelum terjadi.
kucing yang lagi merenung
kucing yang lagi merenung

Kedua mata kucing diciptakan supaya mereka dapat fokus terhadap mangsanya. Dimana bila dibandingkan dengan mata manusia mata kucing memiliki sel ekstra agar lebih sensitif terhadap cahaya, sel tersebut disebut dengan tapelum lucidum yang berfungsi seperti lensa diafragma pada sebuah kamera, ketika cahaya mengenai salah satu sudut mata kucing , maka akan menyebabkan matanya bersinar walaupun cahayanya redup. Hal ini membantu kucing untuk melihat daerah sekitarnya walaupun dalam gelap.
Selain mata kucing juga punya indera lain yang dapat membantunya dalam berburu mangsa yaitu dengan menggunakan kumisnya. Sehelai kumis kucing mampu membantunya mendeteksi perubahan angin yang amat kecil sekalipun. Hal ini hampir mirip dengan cara kerja sistem radar, yang membantu mereka mengidentifikasi obyek yang tak dapat mereka lihat.
mata kucing yang bersinar
mata kucing yang bersinar dalam gelap
·         Indera perasa pada kucing
Salah satu kekurangan pada kucing yaitu terletak pada indera perasa, dimana tidak seperti manusia kucing tidak dapat menikmati makanan manis.
·         Indera penciuman Kucing
Walaupun tidak dapat disetarakan dengan anjing. Indera penglihatan kucing masih mengungguli manusia sebanyak empat belas kali, dimana kucing memiliki 200 juta sel pada hidung sedangkan manusia hanya memiliki 5 juta sel pada hidung. Hal ini bertujuan agar kucing dapat mengenali manusia melalui aroma tubuh mereka.
·         Hewan yang cinta kebersihan
kucing adalah salah satu hewan yang mengambil banyak waktu untuk kebersihan (selain tidur), disebabkan butuh waktu yang cukup lama untuk meluruskan bulu-bulu mereka yang kusut. Dikarenakan bulu-bulu mereka haruslah bersih untuk melindungi mereka dari gangguan faktor eksternal.
·         Si Tukang Tidur
Kucing adalah salah satu hewan yang menghabiskan 2/3 hidupnya untuk tidur. oleh karena itu banyak percobaan penelitian tentang aktifitas tidur yang melibatkan kucing.
Kucing yang sedang tidur
si tukang tidur

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kucing mampu menempuh jarak bermil-mil jauhnya kemudian pulang kembali kerumahnya. Hal ini diperkirakan karena kucing mengandalkan posisi matahari dan gaya tarik bumi. 

Sumber referensi : 
 ugurlu, Ibrahim. 2017. Majalah Mata Air. Vol 3 No 15. Pt. Ufuk baru

14 Responses to "INFO MENARIK SEPUTAR DUNIA KUCING"

  1. Itu lah kelebihan kucing, saya suka banget pelihara kucing di rumah, soalnya lucu banget...

    ReplyDelete
  2. Itu lah kelebihan kucing, saya suka banget pelihara kucing di rumah, soalnya lucu banget...

    ReplyDelete
  3. Kucing memang hewan yang ajaib dan menggemaskan

    ReplyDelete
  4. saya penggemar kucing
    pas banger artikelnya

    ReplyDelete
  5. Kucing hewan yang menggemaskan gan ..

    ReplyDelete
  6. Ternyata kucing memang hewan yang istimewa
    Terimaksih artikelnya

    ReplyDelete
  7. jadi pengen punya kucing, btw latih kucing agar ttp nurut susah gak sih min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya gak juga sih, yang penting kita harus memperlakukan mereka dengan kasih sayang .

      Delete
  8. yang paling penting karena mereka manis dan lucu tingkahnya ^.^

    ReplyDelete
  9. nice info gan, kucing memang hewan pliaraan yang unik dan menggemaskan :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel