-->

Jenis-Jenis Elastisitas dan Penjabarannya

jenis-Jenis Kurva Elastisitas
Pengertian Elastisitas

Elastisitas adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur seberapa jauh pembeli akan bereaksi terhadap perubahan-perubahan harga yang ditetapkan oleh penjual. Adapun konsep Elastisitas terbagi menjadi 2 bagian yaitu, Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran.

Elastisitas Permintaan adalah Hukum permintaan menyatakan bahwa penurunan harga suatu barang akan menaikkan kuantitas barang yang diminta. Permintaan atas suatu barang dikatakan elastis jika kuantitas yang diminta berubah secara signifikan  akibat perubahan harganya. Sebaliknya, permintaan dikatakan tidak elastis atau inelastis jika kuantitas yang diminta hanya sedikit berubah akibat adanya perubahan harga. Ada beberapa yang dapat kita gunakan dalam menentukan elastisitas harga  permintaan yaitu :
Kebutuhan versus kemewahan
Ketersediaan substitusi
Definisi pasar
Rentang waktu
Para ekonom mengklasifikasikan kurva-kurva permintaan berdasarkan elastisitas nya. Karena elastisitas harga dari permintaan mengukur seberapa jauh kuantitas yang diminta berubah mengikuti pergeseran harga, maka ia memiliki kaitan erat dengan kemiringan(slope) kurva permintaan. Secara umum,azas sederhana berikut ini bias kita pegang sebagai pedoman: Semakin mendatar bentuk kurva permintaan yang melalui suatu titik,maka semakin besar elastisitas permintaan itu terhadap harga. Demikian pula sebaliknya, semakin curam bentuk kurva permintaan yang melalui suatu titik,maka elastisitas harga dari permintaannya semakin kecil.
Elastisitas Penawaran 
Hukum penawaran menyatakan bahwa kenaikan harga suatu barang akan menaikkan kuantitas yang ditawarkan. Penawaran terhadap suatu barang dikatakan elastic jika perubahan harga menyebabkan perubahan yang cukup besar pada kuantitas yang ditawarkan. Sebaliknya penawaran dikatakan tidak elastic atau inelastic apabila kuantitas yang ditawarkan itu sedikit saja berubah ketika harganya berubah. Karena elastisitas harga dari penawaran mengukur seberapa banyak kuantitas yang ditawarkan berubah mengikuti pergeseran harga,maka elastisitas itu dapat diketahui dengan melihat bentuk kurvanya. Dalam kasus ekstrem elastisitas nol, artinya penawaran elastisitas sempurna (perfectly inelastic) bentuk kurvanya vertical atau berupa garis lurus tegak. Pada kasus eksterm kebalikannya ,yakni penawaran bersifat elastic sempurna (perfectly elastic), kurva penawarannya berbentuk horizontal atau garis lurus mendatar,dan elastisitasnya sendiri tidak terbatas.
Dalam hukum Elastisitas hal-hal berikut perlu diperhatikan :
jika Nilai Elastisitas lebih besar dari 1 maka permintaan barang tersebut Elastis, hal tersebut disebabkan jika harga naik maka permintaan akan turun secara drastis begitupula sebaliknya apabila harga turun maka permintaan akan barang tersebut akan naik secara drastis (contoh barang yang bersifat elastis adalah barang mewah seperti Mobil ketika harga mobil turun , maka orang oang akan berhasrat  untuk membelinya sedangkan apabila harga mobil tersebut kembali naik maka permintaan baju tersebut akan berkurang drastis )
jika Nilai Elastisitas lebih kecil dari 1 = maka barang tersebut bersifat Inelastis, hal tersebut disebabkan baik harga naik maupun turun tidak terlalu berpengaruh terhadap permintaan barang tersebut (contoh barang bersifat inelastis adalah barang kebutuhan pokok, apabila barang kebutuhan pokok naik maka permintanya tidak akan terlalu berkurang disebabkan apabila barang kebutuhan pokok tidak terpenuhi maka kemungkinan besar rumah tangga akan sangat kesulitan dalam menjalani kehidupannya sedangkan apabila harga kebutuhan pokok turun, maka rumah tangga hanya akan membeli sebutuhnya saja, disebabkan rata-rata barang kebutuhan pokok tidak dapat bertahan lama.
jika Nilai Elastisitas sama dengan 0 = maka barang tersebut bersifat inelastis sempurna, artinya seberapa pun harga naik atau turun hal tersebut tidak akan mengurangi atau menambah permintaan disebabkan jenis barang tersebut merupakan jenis barang yang dikonsumsi pada waktu tertentu saja ketika dibutuhkan (contoh barang bersifat inelastis sempurna adalah obat-obatan ketika seseorang sakit, dimana ketika seseorang sakit berapapun harga yang ditetapkan oleh pihak rumah sakit akan tetap mereka beli dengan takaran yang telah ditentukan oleh dokter)
Jika Nilai Elastisitas sama dengan 1 maka barang tersebut disebut Elastis Uniter, artinya permintaan akan barang tersebut sebanding dengan perubahan harga (contoh barang bersifat inelastis uniter adalah barang yang bersifat skunder seperti jam tangan, handphone dll)
Jika Nilai Elastisitas∞ (tak terhingga) , maka seberapa banyak pun barang yang diminta , harga yang ditawarkan untuk barang tersebut tetap, hal itu disebabkan ketika harga dinaik kan atau diturunkan sedikit saja bisa membuat kurva permintaan nya menjadi nol. Karena pada dasarnya barang tersebut adalah barang yang bersipat umum dipasaran  baik konsumen atau produsen mengetahui harga dari barang tersebut, sehingga apabila ada salah satu pihak menaikan harga maka konsumen akan beralih ke penjual lainnya, sedangkan apabila ada salah satu pihak menurunkan harga maka yang lainnya akan mengikuti.
Diketahui Harga permen 500 dengan Qd=2500-4p lalu harga permen naik menjadi 600 berapakah nilai elastisnya.
Jawab :Diketahui : Harga Permen (p=500) kemudian meningkat (p=600)   
Qd = 2500-4p
Ditanya : Nilai Elastisitas (E)  Jawab :
Qd = 2500-4(p)
Qd = 2500-4(500)
Qd = 2500-2000
Qd = 500
Qd = 2500-4(p)
Qd = 2500-4(600)
Qd = 2500-2400
Qd = 100
Jadi berdasarkan perbandingan antara nilai Elastisitas pertama (500) dan Nilai Elastisitas kedua (100) maka barang tersebut bersipat Elastis karena ketika harga permen 500 maka jumlah permintaan sebesar 500 sedangkan ketika harga permen 600 jumlah barang yang diminta sebesar 100 jika kita bandingkan
P1+P2/Q1+Q2 x ӘQ /ӘP=
ӘQ = (selisih antara kuantitas pertama dan kedua)
ӘP = (selisih antara harga pertama dan kedua)
500+600/100+500 x 100/400=
1100/600x100/400=
1,83x0,25 =0,45
Jadi permintaan tersebut bersifat Inelastis karena hasilnya kurang dari pada 1

0 Response to "Jenis-Jenis Elastisitas dan Penjabarannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel