-->

Cara Sukses Dalam Bisnis Properti di Indonesia

Mengupas Peluang dan Kendala dalam Bisnis Properti


·     Properti adalah harta berbentuk tanah & gedung beserta sarana dan prasarana yang menggambarkan elemen yang tidak terpisahkan pada tanah gedung yang dimaksudkan. Ringkas nya, pengertian properti merupakan tempat milik beserta bangunan. Berarti bisnis properti merupakan bisnis yang mengacu pada tanah atau bangunan yang berdiri diatas nya.

·       Program ini merupakan salah satu program dari presiden Jokowi  dalam rangka membangun 1 juta rumah di Indonesia. Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membangun 1 juta hunian untuk mengatasi kekurangan pasok rumah (backlog) 15 juta unit. Mega proyek ini bakal menelan dana investasi hingga Rp 75,2 triliun dari pemerintah maupun lembaga lainnya.
Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin menjabarkannya dalam ‎Rapat Koordinasi (Rakor) anggota Realestate Indonesia (REI) yang digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (29/1/2015). Syarif mengatakan pembangunan dibagi menjadi 3 kelompok utama berdasarkan pengelolaan anggarannya yaitu Belanja Kementerian‎/Lembaga, Bendahara Umum Negara, dan Swasta-BUMN.


http://www.peluangproperti.com


·      Kenapa harus bisnis properti ?  

      karena bisnis properti adalah salah satu pemberi kontribusi pajak terbesar dari pihak SWASTA ke Republik Indonesia melalui PBB dan PPN , Selain itu khususnya di Aceh sendiri permintaan untuk bisnis properti terus berkembang disebabkan bisnis properti baru bisa berjalan selama 4 tahun terakhir ini, yang mana sebelumnya bisnis properti mengalami kemandekan akibat konflik yang ada di Aceh bahkan saat ini terdapat permintaan 17000 unit properti yang dibutuhkan belum bisa terpenuhi.

1.      Kebutuhan Pokok
(karena tempat tinggal adalah kebutuhan pokok setiap orang)
2.      tidak butuh modal besar
(karena bisa mendapatkan pinjaman dana sebesar 80 % dari pihak Bank BTN)
3.      harga properti terus meningkat
4.      tidak akan mati, karena orang akan terus membutuhkan tempat tinggal.

1.     Presiden Jokowi dalam programnya membangun 1 juta rumah di Indonesia , secara finansial telah memberikan anggaran yang dibutuhkan kepada Bank BTN. sehingga yang perlu kita lakukan adalah membuat proposal sematang mungkin untuk diajukan ke Bank BTN jika ingin mendapatkan modal untuk bisnis ini
2.     Khususnya di Aceh berdasarkan data survey ditemukan bahwa terdapat sekitar 225000 kepala rumah tangga yang belum punya rumah. sehingga peluang untuk usaha ini cukup besar

1.      memiliki modal utama dalam memulai bisnis seperti :

a)      Kemauan
b)     Trust, menjadi seseorang yang mampu menjaga kepercayaan atau amanah      yang diberikan.
c)      financial/ modal, dalam hal ini financial tidak terlalu jadi masalah karena         Bank   BTN telah menyediakan modal untuk bisnis ini, yang diperlukan hanyalah proposal yang matang yang mampu mengundang daya tarik Bank BTN untuk memberikan pinjaman dana.

2.      Konsisten dan Fokus
Dalam hal ini jangan terlena dengan keuntungan awal yang diperoleh namun gunakan keuntungan awal yang diperoleh tersebut untuk menjadikan bisnis kita menjadi lebih besar lagi.

3.      Jangan Takut Berhutang
Seperti yang kita ketahui, jadikan hutang sebagai motivasi untuk kita, dalam hal ini kita asumsikan hutang adalah amanah yang diprcayakan oleh pihak-pihak yang memberikan kita dana  yang harus kita lunasi sehingga timbul rasa percaya pihak yang memberikan pinjaman kepada kita. Selain itu gunakan hutang untuk tujuan yang produktif dan bukan untuk berfoya-foya.

4.      Berani mengambil peluang.
sebagai seorang enterpreneur kita harus berani mengambil peluang, karena kalo kita tidak berani mengambil peluang maka kita tidak bisa membuat suatu kemajuan dalam bisnis kita.

5.      Bersyukur dan jangan takabur
sebenarnya inilah point yang paling penting dalam suksesnya suatu bisnis yaitu dengan bersyukur. Yang mana dengan bersyukur kita kan selalu menghargai hasil jerih payah kita dan menjadikan kita konsisten dan fokus terhadap usaha yang kita tekuni. Selain itu kita jangan bersikap takabur karena hal itu akan mengarahkan kita terhadap sikap meremehkan segala sesuatu dan mengurangi rasa fokus kita terhadap bisnis yang kita jalankan, yang pada ujungnya akan menyebabkan masalah dan kehancuran pada bisnis kita.

       Seperti usaha lain pada umumnya bisnis properti memiliki kendala sebagai berikut :
1.      Sulit mendapatkan lahan.
Dalam hal ini menurut penulis tidak terlalu menjadi masalah, karena di indonesia sendiri masih banyak lahan yang kosong dan belum di tempati.
Fluktuasi mata uang.
hal ini bisa diatasi dengan mengikuti seberapa perubahan fluktuasi mata uang kita dan menyesuaikan nya dengan harga yang akan ditawarkan.
2.      Pembeli tidak bankable
Dalam hal ini, pembeli harus diberi penjelasan secara rinci oleh pihak penjual..tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya bankable
3.      Krisis ekonomi dunia.
Walaupun krisis ekonomi dunia mampu menyebabkan pengenduran dalam bisnis properti, namun kita harus yakin kepada pemerintah kita dalam hal ini karena mereka pastinya punya cara sendiri untuk menanggulangi nya.


Sumber referensi :
Muhammad Nouval, Ketua DPD Real Estate Indonesia Cabang Aceh. “Seminar Pelatihan Literasi Property 10.000 Young Enterpreur in Property.11-09-2017. Banda Aceh
Andi Rachmono, Ketua Bank BTN Cabang Aceh. “Seminar Pelatihan Literasi Property 10.000 Young Enterpreur in Property.11-09-2017. Banda Aceh
Said Muhammad Iqbal, Pengusaha Hadrah Group. “Seminar Pelatihan Literasi Property 10.000 Young Enterpreur in Property.11-09-2017. Banda Aceh
http://www.perumnas.co.id/program-jokowi-bangun-1-juta-rumah-rp-75-triliun-ini-rinciannya/


23 Responses to "Cara Sukses Dalam Bisnis Properti di Indonesia"

  1. thans gan infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Menarik. Sekali gan, bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  3. Nice artikelnya gan.

    ReplyDelete
  4. bisnis properti ini juga termasuk bisnis yang menjanjikan

    ReplyDelete
  5. Betul gan karena bisnis ini di indonesia cukup banyak yang telah mencobanya

    ReplyDelete
  6. Inspiratif banget gan, lanjutkan

    ReplyDelete
  7. Pengen banget bisnis property tp modalnya belum cukup

    ReplyDelete
  8. Bisnis properti menurut saya paling menguntungkan.

    ReplyDelete
  9. bagus sekali artikelnya gan, bisa belajar bisnis properti jadinya

    ReplyDelete
  10. semua kriteria wirausaha emang kaya gitu gan

    ReplyDelete
  11. Bisa jadi langkah baru buat membangun bisnis sendiri

    ReplyDelete
  12. Harus memiliki niat dan keercayaan tinggi Gan

    ReplyDelete
  13. Nice artikelnya gan.

    ReplyDelete
  14. Paling senang kalau berbicara tentang bisnis

    ReplyDelete
  15. bener gan, memang untuk saat ini properti juga banyak di cari orang selain dengan memiliki keandaraan,

    apalagi orang indonesia dengan properti seperti KPR juga banyak peminatnya.

    ReplyDelete
  16. nice om ,, dari dlu pengen nyoba tapi ragu ragu,,

    ReplyDelete
  17. Kayaknya enak nih kalau bisnis kayak begini.

    ReplyDelete
  18. Apa harus punya modal banyak dulu baru bisa ikut bisnis properti ini gan ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel